[Book] Etika

Judul: Etika
Penulis: K. Bertens
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (cetakan XI, Oktober 2011)
ISBN: 978-979-22-7705-0
Harga: Rp 65.000,-

Pertama kali saya baca buku Etika sewaktu saya masih kuliah. Ada satu mata ajaran yang buku pegangannya menggunakan buku yang ditulis K. Bertens ini. Kuliahnya sendiri membosankan (berkali-kali saya harus keluar kelas untuk mencuci muka biar tidak ngantuk), bahkan saya tidak ingat saya dapat nilai apa untuk mata ajaran ini. *uups*


Tapi, saya terkesan dengan buku teks ini. Kan jarang saya bisa terkesan dengan buku teks. Sampai-sampai saya membeli edisi barunya karena buku saya hilang dipinjam adik tingkat. Eh bukan hilang sih. Saya saja yang lupa buku tersebut dipinjam siapa. Si peminjam juga tidak mengembalikan pula! Hilang saja begitu dari radar saya. Tidak ada ba-bi-bu. Setelah pinjam buku, sampai saya diwisuda pun dia tidak datang ke saya untuk mengembalikan buku saya. Padahal kan saya suka buku ini... Kok dia tega sih tidak mengembalikan buku saya?

Halah. Kok malah jadi curhat. Kembali ke topik.

Jadi, yang membuat saya terkesan adalah buku ini untuk ukuran buku teks kuliah tidak kaku. Bahasanya renyah dan mudah dicerna. Apalagi untuk sebuah buku yang membahas soal etika, moral, kebebasan, tanggung jawab, nilai, norma, dan lain-lain. Memang apa yang dibahas tidak begitu rinci dan mendalam. Tetapi, bagi pemula buku ini cukup lah sebagai gerbang pertama untuk masuk mempelajari ranah etika. Kalau mau belajar lebih dalam, tentu saja hanya membaca satu buku ini tidak akan cukup. Silakan untuk menelusuri daftar pustaka yang tercatat dalam buku ini jika kita berminat untuk memperdalam mengenai etika atau filsafat moral.

Skala 1 - 5, saya beri nilai 4 untuk Etika

9 comments

  1. saya juga punya buku ini... wah pengemar filsafat juga ya.... 

    ReplyDelete
  2. nah, buku seperti itu harusnya yg lebih banyak ada biar ga puyeng malah asik bacanya,

    nah coba kau bikin buku psikologi semacam itu coba, kayaknya keren
    #saran

    ReplyDelete
  3. #Nb
    saya baru tau kalo disquss bisa ngasi link ke web -__-"

    ReplyDelete
  4. coba kok link blog saya ga bisa masuk2 juga :|

    ReplyDelete
  5. aku baru tahu buku ini. dulu cuman baca yang etika dasarnya frans magnis. besok nyari ah, moga-moga di perpus ada

    ReplyDelete
  6. Masa' gak masuk sih linknya? :-?

    ReplyDelete
  7. Tertarik dengan filsafat, belum sampai jadi penggemar. Baru baca2 saja. :D

    ReplyDelete
  8. Hello sir, I'm Najwa from Malaysia. I need this book. Can u help to get this? pls email me nor.najwa@srigarden.edu.my .... TQ so much

    ReplyDelete
  9. Saya Lagi mencari Buku ini, Ada yang bisa bantu, saya udah cari kemana-mana di toko online juga stok kossong, saya butuh banget,

    Saya Butuh banget...ini kontak saya 081293312740

    ReplyDelete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.