[Book] The Brothers Karamazov

Semakin tua kecepatan membaca semakin menurun. Itu sangat saya sadari. Jadinya sekarang ini saya kalau mau baca buku lihat-lihat dulu jumlah halamannya ada berapa. Kalau masih 100-200 halaman okelah, tapi kalau sudah 700-an lebih halaman ya saya pikir-pikir lagi. Bukannya apa-apa. Kalau 100-200 halaman saja butuh waktu sangaaaat lama untuk membacanya, apalagi yang 700 halaman. Iya, kan? Apalagi saya kan sekarang sibuk banget... Sibuk kangen sih kalau kata Om Galeshka mah. Jadi, duh, tidak punya banyak waktu untuk baca. Serius. Oke, ini ngeles aja sih sebenarnya. :D

Well anyway, meski saya sekarang agak malas baca, siapa sangka tadi malam saya bisa selesai baca The Brothers Karamazov?! Iya, The Brothers Karamazov yang itu! Yang ditulis sama Opa Fyodor Dostoevsky! Yang halamannya sampai angka 783 (kalau versi epub-nya sih)! Saya juga tadinya tidak tahu kesambet angin apa sewaktu memutuskan mau baca novel ini. Mungkin karena nama Fyodor Dostoevsky-nya ya... Saya memang agak-agak gimana begitu setiap dengar nama pengarang besar yang satu ini. Seperti punya ekspektasi sendiri. Saya percaya tulisan-tulisan beliau bagus dan sejauh ini buku-buku beliau yang sudah saya baca memang bagus-bagus. Jadi, dengan penuh percaya diri saya kopi saja The Brothers Karamazov dari laptop ke ebook reader saya. Dan, yah, Alhamdulillah, dalam waktu sekian bulan akhirnya bisa tamat juga saya baca novel ini. :e 

Penggemar: Jadi, Kim, setelah berbulan-bulan kamu baca The Brothers Karamazov, ada insight-nya gak yang kamu dapat apa dari novel iini?

Ehm... Apa ya? Oiya, Opa Fyodor Dostoevsky memang jago menulis lah! Serius. Bisa detil banget gitu dia bikin deskripsi kejadian pembunuhan, pas persidangan, pas pidato jaksa penuntut umumnya, belum lagi menggambarkan emosi tokoh-tokohnya. Keren! Eh tapi, tidak cuma Opa Fyodor yang keren kok. Penerjemahnya juga patut diacungi jempol. Saya baca terjemahan bahasa Inggris sih dan terjemahannya keren kok. Sampai saat ini saya memang selalu baca buku-buku beliau yang bahasa Inggris dan belum pernah kecewa. Terima kasih ya, Bapak/Ibu Penerjemah. I love you full.

Nah, selesai baca The Brothers Karamazov ebook apa lagi yang akan saya baca ya? Niat saya sih mau baca The Count of Monte Cristo. Tapi, sewaktu lihat jumlah halamannya kok ya bikin keder sendiri... Ada 1059 halaman menurut ebook reader saya. Ah, tidak apa-apa! Jangan mudah menyerah, Kim! The Brothers Karamazov saja bisa selesai saya baca kok, jadi seharusnya buku-buku tebal yang lainnya bukan masalah dong! Iya, kan? Kan? Kan? 

3 comments

  1. Wahh mantap nih keren hahaha

    kunjungin http://unic29.com/ ya hehe

    ReplyDelete
  2. Siapa nama penerjemah dan penerbit versi buku yang kamu baca,Kak? Kalau memang terjemahannya bagus, saya mau beli juga. Soalnya memang lagi cari buku ini. Many thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku baca yang bahasa Inggrisnya. Aku baca format ebook kalau tidak salah ingat.

      Delete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.